Old Trafford adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Old Trafford, Manchester Raya, Inggris dan merupakan stadion milik Manchester United F.C. Stadion ini menjadi milik permanen Manchester United sejak tahun 1910 dan diberi julukan The Theatre of Dreams oleh Sir Bobby Charlton. Stadion ini diarsiteki oleh Sir Archibald Leitch yang juga mengarsiteki markas Charlton Athletic, Chelsea, Everton, Middlesbrough, Tottenham Hotspur, Rangers F.C. serta Southampton. Stadion ini sempat tidak digunakan pada tahun 1941-1949 karena mengalami kerusakan akibat di bom pada saat Perang Dunia yang Kedua. Selama periode tersebut, Manchester United harus berbagi stadion dengan rival sekotanya Manchester City di stadion Maine Road. Stadion Old Trafford terletak kira-kira setengah mil dari Lapangan Kriket dan Manchester Metrolink.


Stadion ini pernah menjadi tuan rumah pertandingan semi-final Piala FA (sebagai tempat netral), dan menjadi markas Tim nasional Inggris ketika Stadion Wembley dalam proses renovasi. Stadion ini juga menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 1966 dan Euro 96, dan juga final Liga Champions 2003 dan juga menjadi tempat penyelengaraan final piala FA antara Chelsea dan Leeds. Old Trafford adalah stadion pertama yang memperkenalkan pagar batas pengaman pada tahun 1970.

Sejarah Singkat

Pada 1878, para pekerja depot Lancashire and Yorkshire Railway mendirikan klub sepakbola bernama Newton Heath L&YR FC. Klub tersebut nyaris mengalami kebangkrutan pada 1902 sebelum diselamatkan oleh investasi JH Davies, direktur pengelola Manchester Breweries. Dalam rapat direksi setelah pembelian, para pengurus klub merasa perlu mengubah nama klub untuk menandai awal yang baru. Pada 26 April 1902, dipilihlah nama Manchester United berkat usulan seorang pria berdarah Italia, Louis Rocca, di antara pilihan nama lain seperti Manchester Central dan Manchester Celtic.

Karena masalah finansial yang melanda mereka Newton Heath akhirnya dibeli pengusaha John Henry Davies dan mengubah namanya menjadi Manchester United Football Club, setelah mempertimbangkan dua nama lain yang akhirnya tidak dipilih yakni Manchester Central dan Manchester Celtic, pada tahun 1902. Old Trafford resmi menjadi markas baru Manchester United pada musim 1909-10 yang berawal saat ketua Manchester United saat itu John Henry Davies membeli tanah senilai 60 ribu Dollar.

Stadion ini dirancang oleh Archibald Leitch dengan anggaran sekitar 30 ribu Dollar hingga selesai. Rencana awal dideskripsikan bahwa stadion Old Trafford dapat menampung lebih dari 100.000 penonton , walau hingga akhirnya kapasitas resminya tercatat 76.212 penonton. Pertandingan pertama di Old trafford dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 1910 melawan Liverpool yang dimenangkan oleh Liverpool dangan skor 3-4.



Sukses pertama di liga dimulai pada 1907/08. Musim sebelumnya, MU memboyong Billy Meredith dan Sandy Turnbull dari rival sekota, Manchester City, akibat melanggar peraturan FA. United sukses unggul sembilan poin di atas tim peringkat kedua, Aston Villa. Setahun setelah sukses meraih mahkota liga, United menggaet trofi Piala FA untuk kali pertama. Dua bekas pemain City itu benar-benar menjadi inspirasi United untuk mendominasi persepakbolaan Inggris.

Pada tahun 1911 dan 1915 dihelat pegelaran final piala FA dan pada tahun 1920 stadion ini mencapai rekor jumlah penonton terbanyak yakni 70,504 orang pada laga melawan Aston Villa. Jumlah penonton terbanyak (76,962 orang) saat itu terjadi pada laga semifinal piala FA tahun 1939 dimana Portsmouth berhadapan dengan Grimsby.
Selanjutnya seluruh sisi stand stadion dibangun atap, namun model stand tersebut menganggu pandangan penonton. Akhirnya pada pertengahan tahun 1960, dibangun stand bergaya modern pada sisi selatan dan timur. Desain stand yang baru, memiliki teras di depan dan bagian besar tempat duduk di belakang. Kemudian seluruh sisi stand stadion dirombak hingga tahun 1994. Pada era 1960, 70 dan 80 Old Trafford mampu menampung 58,000 orang lebih. Akan tetapi pada awal 1990 setelah tragedi Hillsbrough, semua klub papan atas harus memiliki tempat duduk yang lengkap. Rancangan Old Trafford tahun 1960 kini telah selesai dikerjakan dan semua sisi memiliki tempat duduk penonton. Akibatnya kapasitas stadion menciut menjadi 44,000 dan hal itu tidak sepadan dengan kepopuleran United.

Karena itu pada tahun 1995-6 dibangun stand raksasa bertingkat tiga di sebelah utara. Mampu menampung 26,000 sehingga total kapasitas stadion mencapai 56,000. Stand sebelah Utara mencapai ketinggian 200 kaki dan memiliki empat buah menara dan atap bergaya cantilever terbesar di Eropa. Bentuk menara raksasa yang garang ini dapat membuat lawan terintimidasi. Selain menghabiskan dana 19 juta Poundsterling, terdapat museum United yang terdiri tiga lantai (dibuka jika tidak ada pertandingan) dan ruangan koleksi trofi (semoga saja akan selalu penuh). Selain itu terdapat Red Café dan dua lapis menara langit eksekutif yang berbentuk kotak.


Yang menarik adalah 20 baris tempat duduk terdepan pada semua sisi stand memiliki ketinggian di bawah permukaan tanah. Bagian selatan jarang disorot oleh televisi dan bagian utara lebih sering disorot. Dulunya lorong tempat masuknya pemain ke stadion berada di tengah-tengah stand ini, namun pada tahun 1993 dipindah ke bagian tenggara. Lorong yang lama masih ada dan biasanya dipakai untuk keperluan tur stadion. Stand bagian timur merupakan tempat fans fanatik United dan juga tempat fans lawan pada bagian ujungnya. Bagian ini juga dikenal sebagai Scoreboard End. Dijuluki demikian karena di sana terdapat papan nilai raksasa sebelum tahun 1960-an, kemudian papan nilai ini digantikan 2 papan elektronik yang menempati 2 sisi ujung bagian utara.



Pembangunan selanjutnya adalah tingkat ke dua pada bagian timur yang selesai bulan Januari tahun 2000, sehingga kapasitas bertambah menjadi 61,000. Bagian luar terdapat pintu kaca yang besar yang banyak dijumpai pada gedung perkantoran modern. Disana terdapat patung Sir Matt Busby, plakat memorial Munich dan jam terkenal yang mengenang tragedi kecelakaan pesawat pada tanggal 6 Februari 1958. Di sini juga berdiri megah Mega Store Manchester United yang menjual barang-barang untuk fans.


Sisi bagian barat stadion dikenal banyak orang sebagai the legendary Stretford End. Karena pada waktu stadion belum memiliki tempat duduk, sisi barat ini selalu dipenuhi hampir 20,000 orang fans yang berdiri mendukung United dan mereka dikenal karena suaranya yang paling keras di Britania. Dulu pernah diukur tingkat kebisingan suara penonton melebihi pesawat Jumbo Jet yang lepas landas. Teras sebelumnya dirombak pada tahun 1993 dan bulan Agustus tahun 2000 dibangun teras tingkat dua dan dipenuhi tempat duduk, sehingga menambah kapasitas total stadion menjadi 68,217. Stand bagian barat merupakan tempat duduk penonton yang berkeluarga dan di bawahnya adalah ruang ganti pemain / lorong dan lounge.


Juga dapat dijumpai spanduk-spanduk yang dibentangkan buatan fans United untuk menyatakan dukungan dan menghujat tim lawan. Selain itu juga terdapat patung Denis Law, striker United pada tahun 1960 - Law dikenal sebagai "The King of The Stretford End". Old Trafford menjadi tuan rumah perhelatan semi final Euro 96 dan hingga sekarang menjadi tempat digelarnya semi final Piala FA tahunan. Pada tanggal 28 Mei 2003, stadion ini diberi kehormatan untuk menyelenggarakan partai final liga Champions antara AC Milan berhadapan dengan Juventus, dimana Milan memenangkan pertandingan 3-2 melalui adu penalti setelah sebelumnya bermain imbang 0-0.

Saat ini United berencana meningkatkan jumlah kapasitas stand pada bagian barat daya dan timur laut sehingga diperkirakan kapasitas meningkat menjadi 75,000. Perluasan pada sisi selatan masih belum terlalu mendesak, karena keterbatasan ruang di sekitar stadion. Juga akan dibangun rel kereta di sekitar stadion, namun klub harus membayar ganti rugi kurang lebih 50 rumah di sekitar stadion akibat kebisingan yang ditimbulkan. Rencana jangka panjang tetap berjalan, yakni membangun stand bagian selatan supaya memiliki kesamaan dengan stand bagian utara. Nantinya jumlah kapasitas tempat duduk di Old Trafford akan mencapai 92,000.

Pada era modern, legenda United dilanjutkan pria Skotlandia bernama Sir Alex Ferguson (Oppa Fergie). Sejak kompetisi Inggris memasuki era Liga Primer, Man Utd memborong 11 kali mahkota juara dari 17 kesempatan. Di Eropa, bersama Ferguson United sukses menambah koleksi gelar juara Liga Champions pada 1999 dan 2008.
  
Stadion Manchester United kini terkenal angker yakni Old Trafford. Julukan stadion ini adalah Theatre of Dreams merujuk kepada julukan yang diberikan oleh Bobby Charlton. Tentunya tidak serta merta Manchester United menempati stadion ini seperti namanya dan juga sejarah panjangnya sejak lama. Manchester United atau tepatnya Newton Heath semula bermarkas di Stadion North Road yang berkapasitas 12.000 kursi.








Old Trafford Theatre of Dreams

Pemilik  Operator        : Manchester United
Lokasi                           : Sir Matt Busby Way Old Trafford, Greater
Manchester, Inggris
Berdiri                          : 1878
Mulai pembangunan    : 1909
Dibuka                          : 1910
Biaya pembuatan         : £ 90,000 (1909)
Arsitek                          : Archibald Leitch (1909)
Kapasitas                      : 75.765
Pemakai                        : Manchester United F.C. (1910–sekarang)
Telepon                         : 01618688000
Faksimile                      : 01618688804
Surat Elektronik           : enquiries@manutd.co.uk
Laman Resmi               : http://www.manutd.com
Ketua                            : Joel & Avram Glazer
Direktur                       : Edward Woodward
Stadion                          : Old Trafford